Spiga

Latihan 1 Source Kode Java

Latihan pertama pada bahasa pemograman bertujuan untuk mengetahui bentuk output yang di hasilkan oleh bahasa java. Pada latihan 1 ini blog ini akan membahas tentang bagaimana menmpilkan Hello Word di java.
Buka program aplikasi java : Jcreator, netbeans dll setelah itu buka lembaran kerja apabila di tanyakan save dimana dan nama filenya ketik hello word.java jangan latihan1.java karena akan memperngaruhi kinerja pada saat compilernya. Berikut source kodenya :

public class HelloWorld
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Apa Kabar Dunia?");
}
}

Logika dari latihan 1 adalah public class hello word ini menunjukkan bahwasannya program ini bertipe class hello word dan pada saat penyimpanan atau save filenya bernama hello word.java seandainya penyimpanan filenya bernama lain entah latihan1.java program tadak dapat berjalan., Logika selanjutnya public static void main(String[] args) yaitu memberitahu kepada pada computer bahwasanya program bertipe data string, Logika berikutnya System.out.println("Apa Kabar Dunia?"); memberitahu bahwa system akan member output berupa Apa Kabar Dunia? Setiap menulis source kode System.out.println(“….”); harus di akhiri dengan ; (titik koma). Sama seperti bahasa sebelumnya bahasa java di mulai dengan tanda { dan di akhiri dengan }.

0 comments: